Tak Peduli Covid-19, Koperasi Kredit Kosayu tetap Raih Keuntungan

Jurnalismalang – Satu tahun melewati masa pandemic Covid-19, tidak membuat Koperasi Kredit Kosayu sampai merugi, padahal hampir seluruh anggota Kopdit Kosayu mengajukan pinjaman.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Kopdit Kosayu Malang Dwi Lejaring Pambudi pada Rapat Akhir Tahun (RAT), dalam laporannya lewat online atau daring dari Ruang Pertemuan SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu), bahwa proses simpan pinjam koperasi yang telah dilaksanakan selama setahun kemarin masih mendapatkan keuntungan, Minggu (21/02/2021).

“Tentu banyak pembayaran kredit yang macet akibat pandemic Covid-19, banyak juga anggota yang pendapatannya mengalami penurunan dibanding biasanya, untuk itu beberapa pembayaran yang mengalami kemacetan, dapat diatasi dengan memperpanjang masa pinjaman, serta menurunkan nominal pembayaran,” ungkap Pambudi.

“Terpenting itu kan kreditur membayar ke Kopdit Kosayu, berapapun nominalnya kita terima, meski hanya mampu membayar bunganya saja pun tetap kita terima. Semua pengurus harus memberikan edukasi kepada anggota, jika tidak membayar pinjaman maka dapat menghancurkan Kopdit Kosayu, yang sudah banyak memberikan manfaat kepada seluruh anggotanya,” tambahnya.

Dwi Lejaring Pambudi menambahkan, bahkan ada beberapa anggota yang tidak sanggup membayar pinjamannya, akibat sudah tidak bekerja atau kerjaannya mengalami gangguan sehingga tidak bisa melakukan pembayaran.

“Saat ada kasus tersebut maka kita lihat track recordnya debitur, kebanyakan memang debitur yang baik tetapi terkena masalah di pekerjaannya, sehingga tidak mampu membayar pinjaman, tentu sambil diberi semangat dan dipantau selama tiga bulan apakah benar tidak mampu atau sekedar alasan saja agar tidak membayar,” jelasnya.

Pambudi menjelaskan, untuk target kedepan seluruh anggota tetap mendapatkan layanan pendidikan koperasi, serta memberikan pelatihan skill lewat online, agar anggotanya tidak diam saja dirumah, tetapi juga bisa berjualan lewat online, itu merupakan salah satu kunci mengapa Kopdit Kosayu bisa bertahan dan meraih untung dalam paparan Rapat Akhir Tahun (RAT). (DnD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top