Dandim 0833 menjadi Narasumber Wasbang dan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Malang

Jurnalismalang – Bertempat di R. Auditorium Gedung A Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Brawijaya Malang, telah dilaksanakan Pemberian Materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Malang, Kamis (15/08/2019).

Acara Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PK2 MABA) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya tersebut dalam rangka PK2MABA1 Probinmaba (Program Pembinaan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya 2019 diikuti oleh sekitar 90 orang Mahasiswa Baru.

Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT dalam materinya memaparkan keberadaan Pancasila, satu-satunya azas kehidupan berbangsa, idiologi dan Dasar Negara Republik Indonesia yang harus dipertahankan bersama.

“Dalam kehidupan yang sudah nyaman di alam yang sudah merdeka ini, terkadang kita terlalu khawatir tentang hal-hal yang sebenarnya tidak signifikan, cuma karena level kehidupan sudah naik, maka kebutuhan kebutuhan yang dulunya kebutuhan sekunder selalu menjadi kebutuhan pokok, ini yang lalu jangan membuat kita terlena, jangan lalu membuat kita kehilangan nilai-nilai dasar Pancasila, kehilangan nilai-nilai dasar kebangsaan kita, lupa bahwa sebagai bangsa kita perlu kuat dan sebagai anak-anak muda generasi penerus harus mengerti itu,” ungkap Dandim 0833 Kota Malang.

Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menambahkan, di tahun 2045 berdasarkan riset dari lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri pertama luar negeri yang paling dekat di Australia, menyampaikan bahwa tahun 2045 nanti Indonesia akan menjadi negara nomor 4 di dunia, diatas kita cuma ada China US sama India, 4 Indonesia dalam konteks apa dalam konteks kekuatan ekonomi.

“Dengan negara yang semakin besar, maka seluruh lini kehidupannya akan semakin membaik, termasuk juga pertahanan keamanan dari itu, menjadi salah satu tolak ukur bahwa negara itu menjadi kuat baik secara militer maupun non militer,” tambahnya.

Dalam pembekalan Wawasan Kebangsaan Dandim 0833/Kota Malang menjelaskan Wawasan Kebangsaan memiliki peran yang vital, untuk mewujudkan keutuhan bangsa dalam mewujudkan tujuan nasional Negara Indonesia. Kondisi terkini juga sempat diulas, dimana Indonesia mengalami krisis dimensional yang mengancam integritas bangsa dan negara.

“Pudarnya rasa nasionalisme ini diakibatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan wawasan kebangsaan semakin minim. Kami tidak menginginkan, rasa cinta tanah air anak bangsa dilakukan dengan cara–cara yang salah, cara yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD’45, maka dari itulah harus diarahkan sejak dini, agar nantinya para generasi muda ini, dapat benar – benar menjadi generasi yang benar – benar siap  menjadi bangsa Pemenang,” terangnya. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top