Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 di Kota Malang

Jurnalismalang – Dandim 0833/Kota Malang diwakili Danramil 0833/01 Klojen Kapten Inf Sunarko, menghadiri Upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 dengan Tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, yang dihadiri sekitar 800 orang, bertempat di Balaikota Malang Jl. Tugu No.1 Kecamatan Klojen Kota Malang, Rabu (14/08/2019).

Dalam Amanat Ketua Kwarnas Pramuka Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Walikota Malang menyampaikan, Pramuka dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 58 tahun 2019 pada hari Rabu, tanggal 14 Agustus 2019.

“Tentu segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi kita saat ini genap berusia 58 Tahun. Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Kepanduan di Indonesia berusia jauh lebih tua dari Gerakan Pramuka, tetapi peringatan hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, atas nikmat dan berkah persatuan dalam satu wadah tunggal, Gerakan Pramuka,” ungkap Sutiaji saat membacakan Amanat Ketua Kwarnas Pramuka Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso.

Sutiaji menambahkan, Hari Pramuka kali ini mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan Bangsa
Indonesia.

“Merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba, merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya mengajak segenap
pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes),” tambah Walikota Malang.

Sementara Danramil 0833/01 Klojen Kapten Inf Sunarko menyampaikan, bahwa dengan memasuki usia yang ke 58 ini, diharapkan Pramuka menjadi lebih dewasa serta mampu mengaktualisasikan Dasa Dharma Pramuka.

“Dalam setiap langkahnya, Pramuka dengan kondisi sekarang harus mampu menjadi benteng dan pemrakarsa penolakan terhadap Faham Radikalisme dan Terorisme serta penyalahgunaan Narkoba bagi generasi muda sebagai pewaris dan penerus perjuangan bangsa, Selamat Hari Pramuka ke-58 “SALAM PRAMUKA”, ” jelas Danramil 0833/01 Klojen Kapten Inf Sunarko.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Walikota Malang Drs. Sutiaji, Sekda Kota Malang Drs. Wasto, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri S.I.K.MH, Dandim 0833/Kota Malang diwakili oleh Danramil 0833/01 Klojen Kapten Inf Sunarko, Kepala BNN Kota Malang diwakili oleh Kompol Diyah, AS WDW, Kajari Kota Malang diwakili oleh Kasi Intel Kajari Kota Malang Kuswandoko, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Malang Prof Dr.Masykuri, Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang, Drs. Heri Sunarko, M.Si, Ketua Koni Kota Malang Edi Wahyono, Ka OPD Pemkot Malang, Camat dan Lurah se-Kota Malang. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top