Kodim 0833 Kota Malang Gelar Kemampuan Apkowil Tahun 2020

Jurnalismalang – Tingkatkan kemampuan Babinsa sebagai Aparat Komando Kewilayahan, Kodim 0833/Kota Malang menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil (Aparatur Komando Kewilayahan) Tersebar Kodim 0833/Kota Malang Tahun 2020 di Aula Makodim 0833 Jl. Kahuripan No.6 Malang, Rabu (14/10/2020).

Komandan Kodim 0833/Kota Malang yang diwakili Kasdim 0833 Mayor Arh Heru Sunyoto membuka kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil (Aparatur Komando Kewilayahan) Tersebar Kodim 0833/Kota Malang Tahun 2020.

Dalam sambutan Komandan Kodim yang dibacakan Kasdim 0833 menyampaikan, tujuan dari kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 0833/Kota Malang tahun 2020, untuk membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personil Apkowil, dalam pelaksanaan Binter (pembinaan teritorial) pada tatanan kehidupan baru (new normal), diperoleh persamaan pola pikir dan kemampuan mendeteksi, mengenali dan menganalisa setelah mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah penyebaran covid 19 di wilayah.

“Saya mengharapkan kegiatan ini dilaksanakan dengan ikhlas, serta hasilnya dapat digunakan sebagai sarana dalam Binter di wilayah binaan masing-masing, perhatikan dan pahami materi yang disampaikan oleh pemateri agar terjadi komunikasi dua arah antara pemateri dan peserta sehingga sasaran bisa dicapai secara maksimal,” ungkapnya

Tugas satuan teritorial kedepan tidak semakin mudah untuk menghadapi kondisi atau perkembangan situasi terbaru, terhadap perubahan pola dan Stigma gerakan radikal kanan, kiri para aparat harus melaksanakan pull data dengan cermat yang dapat memberikan gambaran situasi rill di lapangan, sebagai bahan untuk di analisa yang akan digunakan, sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan maupun kebijakan pimpinan.

“Jangan lalai untuk mengupdate dan yakinkan validitas data untuk menghindari salah persepsi, dalam mengambil kebijakan terhadap kondisi wilayah terkini,” tambahnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 0833/Kota Malang Lettu Inf Mujiono menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan Babinsa Jajaran Kodim 0833/Kota Malang lebih meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai barometer bagi Aparat Kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim 0833/Kota Malang dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

Untuk itu, apa yang menjadi esensi dari kegiatan ini tidak terlepas dari tujuan Binter yaitu terwujudnya ruang, alat, kondisi (RAK) juang yang tangguh, mampu mewujudkan alat juang yang tangguh, dan terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top