Tak Hanya Perhatian Pada Mitra, Gojek Juga Peduli Anak dan Istri Sopir Gojek

Jurnalismalang – Kesejahteraan dari mitra (sopir) Gojek yang selama ini sudah diperhatikan oleh Gojek, kini giliran dari keluarga mitra Gojek yang mendapatkan giliran, dimana Gojek menggelar program Swadaya bertema Cerdik Berwirausaha dan Belajar Bareng Gojek, yang ditujukan bagi para istri dan anak dari mitra driver GoRide dan GoCar.

Alfianto Domy Aji Head Regional Corporate Affairs Gojek Jatim dan Bali Nusra mengatakan, program ini merupakan langkah awal yang dikembangkan Gojek, untuk terus meningkatkan keberlangsungan pendapatan mitra dan keluarganya melalui ekosistem Gojek. Program ini telah digelar di beberapa kota seperti Surabaya, Denpasar dan saat ini diselenggarakan di Malang.

“Segala sesuatu yang besar pasti dimulai dari yang kecil, disini kami melihat kan kebanyakan kaum suami bekerja sebagai Mitra Gojek, nah untuk istri mitra Gojek akan mendapat pelatihan memasak atau bisnis kuliner, yang nantinya akan disambungkan dengan aplikasi Gofood, sedangkan anak dari mitra Gojek bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris, untuk membantu mewujudkan cita-citanya minimal menambah percaya diri anak,” ungkap pria ramah yang selalu tampil rapi itu, Kamis (20/02/2020).

Sementara itu Viona Ong, District Head Gojek Malang Raya menambahkan, Cerdik Berwirausaha dan Belajar Bareng Gojek ini sesuai dengan misi Gojek yaitu memberikan dampak sosial kepada masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dari mitra, program swadaya mengurangi pengeluaran keuangan mitra, seperti paket data yang murah, maintenance kendaraan yang murah, program asuransi.

“Sebelumnya kita hanya mengurangi pengeluaran operasional mitra, sekarang Gojek memikirkan keluarga mitra, apa yang bisa kita kerjakan, kemarin kita mengadakan pelatihan wirausaha bagi istri mitra atau Srikandi Gojek yang berminat cooking class, sedangkan untuk anak mitra Gojek usia 7 hingga 12 tahun akan diberikan kursus Bahasa Inggris. Menariknya setelah mendapat pelatihan cooking class, istri mitra Gojek langsung kita daftarkan sebagai merchant Gojek, sehingga bisa langsung dipromokan dan dijual untuk menambah penghasilan keluarga, tentunya setiap bulan akan terus kita amati dan kita bantu jika ada kesulitan sampai benar-benar bisa kita lepas untuk survive,” jelas Viona Ong dengan ramah.

Umiati, salah satu peserta Cerdik Berwirausaha dan Belajar Bareng Gojek yang juga Pembina Komunitas Srikandi Gojek sejak tahun 2017 memberikan testimoni, bahwa dirinya dasarnya memang suka memasak, tetapi karena suami sedang sakit dan butuh biaya, maka dirinya menjadi sopir Gojek yang ternyata mendapat perhatian dari Gojek sendiri, salah satunya diberi kesempatan mengikuti cooking class.

“Semoga bekal yang diberikan oleh Gojek lewat Chef Yuda praktisi Kuliner dari Tristar Institute ini bisa membawa keberuntungan bagi saya, untuk memulai bisnis kuliner dari berjualan Mie Ayam Pedas dan Ayam Geprek yang merupakan menu orderan favorit dari pelanggan Gojek, merchant saya beri nama ‘Swadaya Harum’ yang merupakan gabungan dari nama suami saya Hartono dan saya Umiat, setelah saya beri contoh masakan saya ke suami ternyata enak banget,” pungkas Umiati tertawa bahagia. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top