Menteri Keuangan RI Minta Ribuan Mahasiswa UMM Persiapkan Diri

Jurnalismalang – Memasuki Revolusi Industri 4.0 Menteri Keuangan Republik Indonesia memberikan orasi ilmiah kepada ribuan Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), untuk menjalankan kuliah dengan baik dan mempersiapkan diri, agar memiliki akselerasi dan daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas SDM, Kamis (10/10/2019).

Sri Mulyani Indrawati S.E., M.S., Ph.D, Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam orasinya terus membakar semangat mahasiswa baru, untuk tetap kritis dan memiliki data yang benar sebelum menyampaikan pendapat atau saat mendapatkan informasi harus dilakukan pengecekan ulang kebenarannya.

“Tadi ada yang bertanya masalah hutang Indonesia yang triliunan rupiah untuk apa segitu banyaknya dibanding dengan negara lain yang gak sampai segitu banyak, saya ingatkan kalau membandingkan dengan negara lain itu harus dicek gross pendapatan per kapita, jumlah penduduk yang dicover dan berapa pajak yang dibayar tiap individu ke negara, saya minta semua harus kritis dalam membandingkan jangan sampai menganggap pemerintah boros anggaran, padahal itu semua juga untuk kemajuan bangsa dan rakyat,” ungkap Sri Mulyani dalam sesi tanya jawabnya.

Bu Ani sapaan akrab Menteri Keuangan itu menambahkan, 25 tahun lagi Indonesia akan genap 100 tahun dan disaat itulah mahasiswa yang kini duduk di bangku kuliah, akan memimpin Bangsa Indonesia dengan jumlah penduduk sudah sebanyak 319 juta dibanding saat ini sebanyak 267 juta jiwa.

“Konflik beberapa negara besar seperti Amerika, China, Arab dan masih banyak lagi membuat munculnya perang dagang yang berimbas pada Indonesia, seperti naik turunnya harga migas, kelapa sawit dan batu bara. Kita harus meningkatkan teknologi, SDM dan inovasi untuk dapat bersaing dengan negara lain,” tambah Menteri Keuangan itu.

Sementara itu Dr. H. Fauzan, M.Pd, Rektor UMM menambahkan, diundangnya Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI, diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa baru UMM.

“Salah satu Srikandi Indonesia yaitu Bu Sri Mulyani ini patut dijadikan contoh dan inspirasi mahasiswa, karena selain mampu mengangkat perekonomian Indonesia, srikandi ini juga berperan dalam memajukan perekonomian syariah di Indonesia dan layak kita berikan Award UMM,” imbuh rektor UMM itu. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top