Apatte62 Sang Jawara Shell Eco-Maraton Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023

Jurnalismalang – Apatte62 meraih juara pada kategori Urban Concept subkategori Battery Electric Shell Eco-Maraton Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023. Dengan kecepatan 182,6 km/kWh, Apatte 62 mampu menjadi jawara pada gelaran yang digelar di Stadion Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat selama enam hari, 4-9 Juli 2023.

Capaian kecepatan ini dikatakan Manajer Apatte62 Team 1 Muhammad Dilan Linoval, lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu 112,4 km/kWh. Ia mengungkapkan kepuasannya mendapatkan peringkat pertama di sub kategori Battery Electric.

“Kami telah menyelesaikan kompetisi ini dengan cukup baik dan lancar,” ujarnya.
Tim Apatte62 Brawijaya memberangkatkan 20 mahasiswa untuk bersaing di ajang tersebut. Bersama dengan dua dosen pembimbing lapangan, yaitu Waru Djuriatno, S.T., M.T dan Prof. Dr. Eng. Ir. Denny Widhiyanuriyawan, S.T., M.T.

Apatte62 bersaing dengan 80 tim dari 14 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah. Tahun ini, lebih dari 50 tim peserta bearasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yakni Urban Concept (Battery Electric, Internal Combustion Engine, dan Hydrogen Fuel Cell) dan Prototype (Electric, Hydrogen, dan ICE).

Posisi Apatte62 di subkategori ini mengungguli dua universitas dari Indonesia yakni Universitas Indonesia (Arjuna) dengan kecepatan 171,6 km/kWh. Sedangkan di posisi selanjutnya Universitas Negeri Jember (Titen) dengan kecepatan 115,0 km/kWh.

Selanjutnya Apatte62 akan mempersiapkan diri menuju Shell-Eco Maraton bulan Oktober di India melawan perwakilan Regional Amerika dan Eropa. Kunindro Wisnu Nugraha General Manager Apatte62 mengatakan persaingan akan semakin berat di Regional Championship karena berisi gabungan juara satu, dua dan tiga di Urban Concept.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top