Tim Dosen Berkarya UB Kediri Jajaki Kerjasama dengan Kyoto University

Jurnalismalang – Tim Dosen Berkarya PS Agribisnis PSDKU UB Kediri Universitas Brawijaya (Dokar UB) melakukan penjajakan kerjasama dengan Kyoto University untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian agar diakui secara internasional. Tim Dosen yang terdiri dari Dr. Ir. Rita Parmawati, SP., ME., IPU., ASEAN Eng., (Ketua Tim), Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP (KPS Agribisnis PSDKU UB Kediri),Dr. Fadli Mulyadi, SP., MP (anggota) dan Dr.Agr.Sc. Hagus Tarno, SP., MP (anggota) melakukan penjajakan kerjasama dengan Kyoto University selama lima hari (23/11-28/11/2022).

Kerjasama yang dirintis Tim Dokar PS Agribisnis PSDKU UB Kediri bersama Kyoto University, yaitu dengan laboratory of sustainable rural development dan laboratory Agri food system management pada bidang penelitian bersama, lecturer exchange, dan guest lecture.

Ketua tim Dokar Rita Parmawati mengatakan, kerjasama yang nantinya dijalin dengan Kyoto University bertujuan juga untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas staf akademik dan peneliti, meningkatkan kompetensi dan kapasitas lulusan, meningkatkan reputasi universitas di mata dunia internasional dan mendapatkan keuntungan finansial dengan datangnya mahasiswa asing serta penggunaan hasil-hasil penelitian program studi Agribisnis Fakultas Pertanian PSDKU UB Kediri, serta merespon tuntutan pasar tenaga kerja yang berkualitas di dunia internasional sehingga lulusan PSDKU UB Kediri tidak hanya berkiprah di dalam negeri namun diharapkan dapat berkarya dan bersaing di luar negeri.

“Kami berharap dengan kerjasama yang dijalin bersama bisa meningkatkan Indeks Kinerja Utama (IKU) 6, seperti pertukaran materi ilmiah, publikasi dan informasi-informasi di bidang penelitian, pertukaran mahasiswa, serta kerjasama penelitian dan pertemuan di forum-forum ilmiah,”katanya.

Sebagai langkah penjajakan kerjasama selanjutnya, Rita bersama tim pada Bulan Januari 2023 akan mengadakan guest lecture dengan salah satu profesor Kyoto.

Rita menambahkan, dalam kegiatan tersebut rencananya juga akam dilakukan tanda tangan Implemented Agreement dengan Kyoto University. (DnD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top