FKMSA Jawa Timur Selenggarakan Workshop dan Praktik SIKN di Unair

Jurnalismalang – Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) Jawa Timur menyelenggarakan Workshop dan Praktik SIKN Versi II di Gedung Kahuripan, Kampus C Unair, Surabaya (13/12/2023). Workshop ini diikuti 109 peserta dari 20 perguruan tinggi di Jawa Timur yaitu Unair, UB, ITS, Unesa, Ubhara, Unipdu, UIN Sunan Bonang Tuban, IAIN Kediri, Unsuri, UHT, UIN I Tulungagung, Unitomo, Universitas Madura, IAIN Ponorogo, Unmuh Ponorogo, Uniska, ITATS, Universitas Darussalam Gontor.

Workshop ini bertujuan untuk membekali peserta dan mempersiapkan FKMSA Jawa Timur menjadi simpul jaringan SIKN arsip statis. FKMSA Jatim nantinya akan bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai pembina kearsipan nasional. Sebagai nara sumber workshop adalah Susilo Dwi Atmodjo, Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur; Dedy Triono dan Miftakhuddin, keduanya arsiparis Unair.

Para peserta nampak antusias mengikuti workshop yang dimulai sejak 10.00 sd 15.00. Peserta dibekali dengan materi: Skema Pengolahan Arsip Statis dan Standar Deskripsi Arsip Statis, Praktik SIKN Versi 2, dan dilanjutkan kunjungan ke Unit Kearsipan I dan II Unair.

Ketua FKMSA, Yunus Abdul Halim (Unair) mengatakan bahwa workshop ini merupakan program akhir tahun 2023 diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya mengelola arsip statis secara benar menurut kaidah dan ketentuan yang berlaku. “Agar arsip statis bisa diketahui secara luas dan menjadi informasi, maka perlu masuk jaringan SIKN,” kata Yunus.

Menururt Yunus, FKMSA sedang mempersiapkan diri menjadi bagian dari simpul jaringan SIKN ANRI.

Program FKMSA awal 2024 adalah menyelenggarakan Sertifikasi Uji Kompetensi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD) bagi arsiparis atau pengelola arsip di Jawa Timur. Program sertifikasi akan diselenggarakan bulan Maret atau April 2024 dengan peserta terbatas 30 orang dengan biaya Rp2,7 juta/orang selama 3 hari. Sekretariat pendaftaran uji kompetensi di Kantor Unit Kearsipan, Kampus C Unair, Surabayà (melalui Sdr Novi 085784120794 atau Sdr Marini 08563410923).

Sedangkan untuk menjadi anggota FKMSA, masyarakat bisa mendaftarkan diri melalui Nurul Sa’diyah (081332794545). Iuran anggota FKMSA untuk institusi sebesar Rp500rb/tahun dan anggota perorangan sebesar Rp100rb/tahun. (DnD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top