Surya Paloh Menyandang Gelar Doktor Honoris Causa dari FISIP UB

Jurnalismalang – Pemberian gelar Doktor Honoris Causa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) kepada Surya Dharma Paloh dalam bidang Sosiologi Politik, Senin (25/7/2022).

Surya Paloh mengapresiasi atas pemberian gelar tersebut, “ini adalah sebuah kehormatan bagi saya, apa orang seperti saya layak mendapatkan kehormatan, tetapi inilah catatan hidup yang harus saya jalani. Kembali saya sampaikan terimakasih, penghargaan ini akan memberikan penguatan bagi kita bersama untuk kemajuan berbangsa dan bernegara”

“Dalam pidato pengukuhan ini, izinkan saya untuk menyampaikan kembali sebuah tema sekaligus ajakan berupa: upaya meneguhkan kembali Politik Kebangsaan. Sebuah tema yang mungkin terdengar klasik namun tetap harus dikumandangkan. Sebuah pekerjaan yang terus-menerus kita jalankan dan menjadi kontektual untuk disuarakan terlebih menjelang pesta demokrasi 2024 nanti. Dalam kerangka ini, saya ingin mengajak semua pihak: siapapun kita, apapun pilihan profesi kita, marilah kita upayakan semua perilaku dan orientasi kita demi terbangunnya kebaikan bersama dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara,” ajak Surya Paloh dalam sambutannya.

Sementara itu Jusuf Kalla yang turut hadir untuk menyaksikan pemberian Gelar Kehormatan (Honoris Causa) serta orasi ilmiah Promovendus dari Surya Dharma Paloh dengan tema ‘Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan’ mengaku mengenal dekat dengan Surya Paloh dengan gagasan-gagasan yang luar biasa untuk Bangsa Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan selamat untuk turut menyaksikan honoris causa kepada Surya Paloh, beliau ini sejak dulu aktif dalam politik, bisnis dan perubahan, juga dengan partainya yang selalu baik idenya untuk perubahan di tingkat politik dan ekonomi demi kemajuan negara,” sambut Jusuf Kalla di halaman FISIP UB Malang.

“Perlu diketahui pemberian doktor honoris causa kepada Surya Paloh ini adalah pemberian gelar pertama bagi FISIP dan bagi UB juga pertama kali setelah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN BH .┬áIni adalah sejarah seumur hidup saya, bisa memberikan sebuah kehormatan bagi Surya Dharma Paloh, meski saya tidak bisa tidur untuk mempersiapkan acara ini,” imbuh Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si. (DnD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top