FIA UB Gelar Avisoc’21 Langsung Diserbu Mahasiswa dari 6 Negara

Jurnalismalang – Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) akan menggelar Asean Virtual Student Opinion Competition (AVISOC)’21 atau ajang kompetisi Internasional bagi mahasiswa, dengan mengirimkan artikel opini ilmiah yang baru pertama kali digelar oleh FIA UB Malang.

Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D, Dekan FIA UB mengatakan, kegiatan AVISOC’21 ini memang baru pertama kali digelar, akan tetapi diharapkan akan menjadi agenda tahunan, untuk melihat kompetensi mahasiswa setelah melakukan diskusi di kampus dan bagaimana mereka menuangkan ide atau opini dalam bentuk karya ilmiah singkat, yang membahas tentang isu di masyarakat saat ini.

“Mengenai peserta yang mengikuti AVISOC’21 ini berasal dari enam negara, seperti dari Indonesia, Thailand, Philipina, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia, dengan jumlah artikel sebanyak 412 karya ilmiah. Tentu ini sangat mengejutkan panitia, karena target awal kami memang tidak terlalu muluk-muluk, hanya sekitar 100 artikel tetapi ternyata respon mahasiswa dari enam negara tersebut sangat tinggi,” ungkap Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D.

Dalam penyelenggaraannya, FIA UB tidak bekerja sendirian. Ada tiga organisasi lain lintas negara yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan ini, yaitu South East Asian Ministers of Education (SEAMEO) Secretariat, sebuah organisasi para menteri pendidikan negara-negara ASEAN yang berkedudukan di Bangkok, Thailand.

Juga ada School of Government, Universiti Utara Malaysia di Malaysia; dan Faculty of Political Science and Law, Burapha University di Thailand.

Selain itu, Forum Dekan Ilmu-ilmu Sosial PTN se-Indonesia (FORDEKIIS) juga turut mendukung pelaksanaan kegiatan ini, terlebih karena Dekan FIA UB Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D adalah pejabat Presiden FORDEKIIS periode 2021-2023.

AVISOC 2021 membuat dua macam karya, yaitu artikel opini dan poster, yang terbagi ke dalam enam kategori, seperti Issues in Educational Management and Practices, Issues in Business Administration, Issues in Taxation and Finance, Issues in Public Policy, Politics, and Social Trends, Issues in Digital Literacy and Information & Technology, serta kategori Poster dengan tema “Tourism Campaign for Living in the Covid19 Pandemic”.

Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D, Dekan FIA UB saat menjelaskan tentang AVISOC’21

Sementara itu Dr. Alfi Haris Wanto, M.AP., MMG Chairman of AVISOC 2021 menambahkan, proses penerimaan karya registrasi yang telah dimulai sejak 5 September 2021 telah ditutup pada 29 Oktober 2021 yang selanjutnya akan dinilai oleh Dewan Juri dan diumumkan pada acara AVISOC International Student Webinar & Awarding Day pada Sabtu (20/11/2021) secara virtual.

Pada acara puncak nanti, selain mendengarkan pengumuman pemenang, para peserta juga akan mendapatkan ilmu di sesi International Student Webinar yang akan disampaikan oleh tiga narasumber dari tiga kampus penyelenggara AVISOC ini, yakni Joan Dwi Putra (Universitas Brawijaya), Muhammad Luqman bin Jamalil Idrus (Universiti Utara Malaysia), dan seorang mahasiswa berpretasi dari Burapha University.

Alfi menambahkan, pemenang nanti akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, medali emas, perak, perunggu, dan sertifikat. Dari masing-masing kategori, juara 1 dapat Rp2,5 juta, juara 2 dapat Rp2 juta dan juara 3 dapat Rp1,5 juta. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top