Dandim 0833 Hadiri Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT

Jurnalismalang-Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M.Tr (Han) menghadiri Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT bersama Pelajar dan Mahasiswa se-Malang Raya dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020, bertempat di Hotel Singhasari Resort Batu Kabupaten Malang, Senin (26/10/2020).

Kegiatan Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT bersama Pelajar dan Mahasiswa se-Malang Raya ini di selenggarakan oleh BNPT Pusat. Dalam kata sambutannya Ketua Panitia Ikrar Kebangsaan Kol. Pas. Drs. Sujatmiko mengatakan bahwa kegiatan ini mengambil tema Pemuda, Media Sosial dan Sumpah Pemuda dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dan mengajak kepada generasi muda (Generasi Milenial) untuk memperkokoh nasionalisme.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Talkshow dengan narasumber Ketua BNPT Pusat Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., Walikota Batu Ibu Dewanti Rumpoko dan Lintang Pandu Pratiwi.

Dalam penyampaiannya Ketua BNPT Pusat Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H. bahwa penanggulangan terorisme di Indonesia adalah tanggung jawab semua pihak, termasuk aparat pertahanan dan keamanan dari unsur TNI/Polri.

Lebih lanjut disampaikan bahwa BNPT selama ini lebih banyak berfokus pada upaya pencegahan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Terorisme. Dalam UU tersebut ada tiga kewajiban pemerintah dalam melaksanakan penanggulangan terorisme, yaitu kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi dan deradikalisasi.

Diakhir penyampaian Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H menghimbau jangan pernah berhenti untuk selalu mempromosikan kepada seluruh komponen bangsa untuk selalu mencintai dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan
pembacaan Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT bersama Pelajar dan Mahasiswa se-Malang Raya yang diikuti oleh seluruh peserta yang isinya :
1. Kami Generasi Muda Indonesia berjanji bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Kami Generasi Muda Indonesia berjanji setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI.
3. Kami Generasi Muda Indonesia berjanji selalu mendukung perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4. Kami Generasi Muda Indonesia berjanji untuk bersama – sama mencegah aksi radikalisme dan terorisme.
5. Dan Kami Generasi Muda Indonesia mempunyai satu tekad untuk Indonesia Damai.

Sementara Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M.Tr (Han) menyampaikan apresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar oleh BNPT dalam upaya pencegahan Radikalisme dan Terorisme. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top