Kodim 0833 Kota Malang Gelar Lomba Tari Kreasi Perjuangan Sebagai Wujud Melestarikan Warisan Bangsa

Jurnalismalang – Kebudayaan sebagai pondasi karakter bangsa harus terus dijaga, dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda selaku generasi penerus bangsa. Untuk itu, dalam upaya melestarikan kebudayan seni daerah, Kodim 0833/Kota Malang menggelar lomba Tari Kreasi perjuangan bagi Mahasiswa, Pelajar SLTA dan SMP Sederajat se-Kota Malang.

Sebelumnya seluruh peserta dan undangan memasuki ruangan tetap menerapkan protokol kesehatan satu demi satu dan undangan terlebih dahulu mencuci tangan yang telah disiapkan oleh panitia serta menggunakan Face Shield/masker untuk waspada dengan Penyebaran Virus Covid-19.

Lomba Tari Kreasi Perjuangan dalam rangka Komsos Kreatif Triwulan III Kodim 0833/Kota Malang TA. 2020 dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 11-13 September 2020 yang diikuti sebanyak 80 peserta, dengan mengambil tema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif” di Aula Makodim 0833 Jl. Kahuripan No. 6 Kota Malang, Jum’at (11/09/2020).

Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona,S.E, M.Tr (Han) membuka secara langsung Lomba Tari Kreasi Perjuangan dalam rangka Komsos Kreatif Triwulan III TA. 2020 Kodim 0833/Kota Malang, yang menyampaikan bahwa komsos kreatif merupakan salah satu program TNI Angkatan Darat, yang dilaksanakan dua kali setiap tahunnya oleh Komando Kewilayahan mulai dari tingkat pusat sampai dengan Kodim, yang pada pelaksanaannya kali ini mengambil tema “Membentuk SDM kreatif, Inovatif dan Adaptif”.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin komunikasi yang kreatif sehat dan harmonis, melalui pentas seni budaya olahraga dan sosio drama kepahlawanan daerah dan nasional, untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di wilayah. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terpeliharanya komsos kreatif prajurit dengan seniman atau seniwati, civitas akademika dan olahraga atau olahragawati, sesuai yang diamanatkan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat,” ungkap Dandim 0833 Kota Malang.

Di sisi lain sebagai warga negara Indonesia yang memiliki kebanggaan akan nilai-nilai hakiki bangsa, juga perlu diikuti dengan melestarikan budaya asli Indonesia, salah satunya adalah seni tari tradisional, sehingga dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai kecintaan terhadap NKRI, serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa juga jiwa kejuangan dan wawasan kebangsaan yang tinggi.

Sementara Pasiter Kodim 0833/Kota Malang Lettu Inf Mujiono mengatakan, dengan lomba ini diharapkan generasi muda khususnya pelajar Mahasiswa, SLTA dan SMP sederajat di Kota Malang, dapat berpartisipasi secara aktif di bidang pertahanan negara melalui pelestarian kesenian tradisional, sehingga semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara.

“Ajang lomba ini juga diharapkan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Tercapainya pemahaman dan partisipasi komponen bangsa dalam upaya pertahanan negara dan terwujudnya jalinan kerja sama yang harmonis dalam mewujudkan cita-cita bangsa,” tambah Pasiter.

Selain trophy dan piagam, untuk juara I, II, III, juga menerima uang pembinaan, serta ketiga tim akan mewakili Kodim 0833/Kota Malang untuk mengikuti Lomba Tari Kreasi Perjuangan di tingkat Korem 083/Bdj. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top