Siswa SMPN 14 Malang Dibekali Wasbang dan PBB Oleh Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing

Jurnalismalang – Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing, Kodim 0833/Kota Malang, Serka Suyitno memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) dan PBB, kepada 283 siswa Pelajar SMPN 14 Kelas VIII di depan Lapangan SMPN 14 Kota Malang, Jum’at (14/02/2020).

Para pelajar tersebut, diberikan pelatihan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan juga diberikan pemahaman, tentang Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan tentang bagaimana cara bela negara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Puluhan siswa SMPN 14 juga ditanamkan jiwa nasionalisme dan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghormatan pada lambang-lambang negara, seperti kepada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia.

Serka Suyitno mengatakan, siswa SMPN 14 Malang mendapat materi tentang empat pilar kebangsaan, yaitu tentang pengertian dan pemahaman Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, bersikap disiplin, rapi dalam berpenampilan.

“Pembekalan pada siswa untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter sebagai calon pemimpin bangsa dimasa depan,” jelasnya.

Sementara itu Waka Kesiswaan SMPN 14 Hariyanto menambahkan, pembekalan Wasbang diperlukan untuk generasi muda, agar bisa menjadi jembatan yang berkesinambungan dalam kepemimpinan nasional kelak.

“Pengetahuan tentang Wasbang ini, bisa diberikan kepada masyarakat Indonesia sejak dini, seperti yang diberikan kepada siswa-siswi di sekolah, agar dapat membentuk karakter pelajar yang disiplin, jujur, berbakti, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI,” jelas Harianto. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top