Dandim 0833/Kota Malang Narasumber Dialog Interaktif Aliansi Mahasiswa dan BEM Se-Malang Raya

Jurnalismalang – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menjadi Narasumber pada Dialog Interaktif Aliansi Mahasiswa dan BEM Se-Malang Raya, dengan mengambil tema “Meneropong Pendidikan Kota Malang” yang diselenggarakan oleh Aliansi Mahasiswa dan BEM Se-Malang Raya, bertempat di PPI (Pusat Pertemuan Ilmiah) Gedung Rektorat Unmer Jl. Terusan Dieng No.62-64 Kelurahan Pisang Candi Kecamatan Sukun Kota Malang, Senin (27/01/2020).

Dalam materinya Dandim 0833/Kota Malang menyampaikan bahwa sistem Pendidikan di Indonesia yang berdasarkan Konstitusi UUD 45 dan Pancasila, dimana pendidikan Karakter dibentuk dengan kebiasaan dan keteladanan sehingga memerlukan waktu yang panjang, dengan karakter bangsa Indonesia yang berbudaya sopan santun, gotong royong dan relegius.

“Sebagai kajian akademik, pendidikan karakter tentu saja perlu memuat syarat-syarat keilmiahan akademik seperti dalam¬†konten, pendekatan dan metode kajian. Sebagai aspek kepribadian, dimana karakter merupakan cerminan dari kepribadian secara utuh dari seseorang mentalitas, sikap dan perilaku,” jelas Dandim 0833 Kota Malang.

Pendidikan karakter semacam ini lebih tepat sebagai pendidikan budi pekerti. Pembelajaran tentang tata-krama, sopan santun dan adat-istiadat, menjadikan pendidikan karakter yang lebih menekankan kepada perilaku-perilaku aktual tentang bagaimana seseorang dapat disebut berkepribadian baik atau tidak baik berdasarkan norma-norma yang bersifat kontekstual dan kultural.

Dengan digelarnya dialog interaktif ini diharapkan kepada generasi muda bangsa Indonesia ini benar-benar faham tentang pentingnya pendidikan karakter dengan upaya penanaman nilai-nilai ke-Indonesiaan serta nilai-nilai non-kekerasan. Pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti rasa hormat, tanggungjawab, jujur, peduli, dan adil. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top