Fakultas Ekonomi UM Untuk Pengembangan Potensi Wonorejo

Jurnalismalang – Desa Wonorejo memiliki potensi di beberapa unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat dikembangkan, salah satunya yang sudah berkembang yaitu produk kopi bubuk serta opak gambir.

Produk kopi tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yaitu ramuan pembuatan kopinya masih bahan asli biji kopi murni tanpa ada campuran yang lainnya. Pengelolaan kopi dan opak gambir, masih diproduksi secara rumahan, namun terkendala distribusi dan strategi pemasaran yang belum efektif, sehingga tidak bisa beroperasional secara maksimal dan hanya beroperasi apabila ada pesanan saja.

Kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM tentang strategi pemasaran mulai dari distribusi hingga pemasaran online menjadi hambatan tersendiri, tidak hanya strategi pemasaran, tetapi pengelolaan hasil panen yang tidak efektif menyebabkan hasil panen tidak dapat bertahan lama, akibatnya banyak produk unggulan yang seharusnya dapat diolah dan dihasilkan menjadi tidak berkelanjutan.

Ini menjadikan produk unggulan desa tidak dapat bersaing di pasar bebas juga membuat masyarakat menjadi tidak termotivasi untuk menjadi produk lebih baik.

Hal ini yang membuat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) langsung mengadakan pelatihan dan penyuluhan untuk para pelaku UMKM di desa Wonorejo.

Pengabdian yang dilaksanakan pada tanggal 7 dan 14 September 2019 ditunjukkan agar para pelaku UMKM di desa Wonorejo tetap bisa bersaing serta bisa bertahan di pasar. Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si, selaku tim pengabdian, mengungkapkan “Sudah selayaknya sebagai civitas akademika untuk melakukan tri dhrama perguruan tinggi salah satunya seperti pengabdian masyarakat. Ini merupakan bentuk pengabdian kita untuk lingkungan sekitar universitas yang dirasa memiliki potensi.”

Sebelum mengadakan pelatihan dan penyuluhan, Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si beserta tim terjun langsung ke lapangan selama untuk survey terlebih dahulu. Survey dibuat untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan para pelaku UMKM di desa Wonorejo agar pelatihan dan penyuluhan menggena ke para pelaku UMKM di desa Wonorejo. (ARW/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top