TMMD 106 Kodim 0818/Kab. Malang – Batu Resmi ditutup

Jurnalismalang – Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han), sedangkan
bertindak sebagai Komandan Upacara Komandan Kodim 0833 Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT, Kamis (31/10/2019) pagi menutup program TMMD 106 Kodim 0818/Kabupaten Malang – Kota Batu, bertempat di lapangan Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Dalam upacara dilanjutkan dengan penyerahan dan penerimaan hasil proyek pembangunan dari Dansatgas TMMD 106 Kodim 0818/Kabupaten Malang – Kota Batu, Letkol (Inf) H Ferry Muzawwad kepada Bupati Malang, HM Sanusi MM dengan disaksikan Pangdivif 2 Kostrad dihadapan peserta Upacara. Penyerahan dan penerimaan hasil proyek pembangunan itu ditandai dengan penandatanganan oleh Dansatgas TMMD 106 Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu dengan Bupati Malang dan penutupan TMMD 106 ditutup secara resmi dengan penekanan tombol sirine oleh Pangdivif 2 Kostrad.

Upacara penutupan itu diikuti oleh Satuan TNI dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara, Polri, Ormas, pelajar dan elemen masyarakat yang ada di wilayah Donomulyo. Forkopimda Kabupaten Malang, pejabat TNI dan sipil juga hadir dalam upacara penutupan tersebut, bertindak sebagai Danup Komandan Kodim 0833 Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT

Selesai upacara dilanjutkan dengan persembahan tari tradisional, Gerebeg Sabrang yang dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Malang.

Tari Gerebek Sabrang adalah tarian Kota Malang, merupakan tarian khas Jawa Timuran yang melambangkan tentang perjalanan prajurit sabrang menuju medan perang dengan tekad yang bulat, berani dan gagah perkasa dalam menegakkan kebenaran.

Pangdivif 2 Kostrad selaku Inspektur upacara membacakan amanat Pangdam V/ Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe P. B mengatakan, program TMMD ini diharapkan semakin dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia adalah daerah pedesaan.

Selama 30 hari sejak 2 sampai dengan 31 Oktober 2019 para prajurit TNI bersinergi dan bergotong royong dengan pemerintah daerah serta segenap komponen masyarakat Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo bekerjasama serta bahu membahu dalam pelaksanaan program TMMD 106 di wilayah Kodim 0818 Kab. Malang-Batu.

“Kebersamaan ini wujud sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang,  termasuk membantu pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Pangdam.

Selain itu, kata Pangdam, program ini juga merupakan pemantapan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Usai memimpin upacara penutupan TMMD 106 Kodim 0818/Kabupaten Malang – Kota Batu, Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han) beserta rombongan meninjau lokasi proyek TMMD. Pangdivif kemudian melakukan pengguntingan pita, menandatangani prasasti dulanjutkan meninjau stand Basar oleh UMKM, MCK, mushola, rumah tinggal layak huni, rabat jalan, irigasi dan sebagainya. Bahkan dalam kesempatan tersebut, menyerahkan bahan kontak serta mengikuti syukuran bersama masyarakat setempat. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top