Amerika Berharap Jumlah Pelajar Indonesia Kuliah di ‘Negeri Paman Sam’ Meningkat

Jurnalismalang – Tingginya animo pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan study di Amerika, membuat Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya mengadakan Education USA Graduate Fair di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (19/09/2019).

Mark McGovern, Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya mengharapkan, jumlah pelajar dari Indonesia mengalami peningkatan untuk melanjutkan kuliah di Amerika, bahkan berbagai beasiswa ditawarkan mulai dari Perguruan Tinggi hingga dari pemerintah setempat, untuk menampung pelajar yang berprestasi maupun pelajar yang kurang beruntung dalam perekonomiannya.

“Setiap tahun jumlah mahasiswa dari Indonesia yang belajar di Perguruan Tinggi di Amerika sebanyak 9.000 orang dan jumlah itu terus mengalami peningkatan secara fluktuatif. Saya harap dengan rangkaian 70 tahun kerjasama Indonesia dengan Amerika, maka dapat memperat hubungan diplomatik kedua negara,” ungkap Mark dengan semangat.

Sementara itu Dr. H. Fauzan, M.Pd, Rektor UMM menambahkan, UMM tentu bangga sebagai tuan rumah Education USA Graduate Fair, karena di Indonesia hanya digelar di tiga kota saja yaitu Jakarta, Jogjakarta dan Malang dengan melibatkan 11 hingga 14 Perguruan Tinggi di Amerika untuk mempromosikan pada mahasiswa di UMM dan diluar UMM.

“Acara seperti ini sudah digelar sebanyak 4 kali dan selalu diminati oleh mahasiswa, untuk mengetahui bagaimana syarat dan metode kuliah di Amerika, apalagi di UMM juga ada American Corner yang dapat memberikan info kepada masyarakat tentang Amerika. Selain itu, bagi pelajar yang kuliah di luar negeri, juga bisa menjadi ambassador mengenalkan budaya dan kultur Bangsa Indonesia,” tambah Dr. H. Fauzan, M.Pd dengan ramah. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top