Dikti : PKKMB ITN Malang Menjadikan Manusia Lebih Humanis

Jurnalismalang – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kini dikemas semakin atraktif dan humanis, bahkan kunjungan dan pemberian materi dari Dikti ke ITN Malang, Senin (09/09/2019) membuat suasana semakin hangat.

Menurut Dr. Widyo Winarso, M.Pd., Sekretaris Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-DIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, PKKMB adalah pengganti ospek, dimana sudah 4 tahun yang lalu PKKMB berhasil mengubah paradigma masyarakat, dimana pengenalan kampus yang identik dengan kekerasan kini diubah menjadi PKKMB yang lebih humanis.

“Jangankan kekerasan fisik, kekerasan verbal saja juga dilarang di PKKMB, karena dalam pengenalan kampus ini harkat manusia harus dihargai, sesuai tujuan agar mahasiswa berkembang, untuk memperlakukan manusia lebih beradab dan memberikan materi kesadaran bela negara,” ungkap Dr. Widyo Winarso, M.Pd.

Dr. Widyo Winarso, M.Pd., menambahkan, mahasiswa wajib diberikan materi bela negara dan empat pilar, serta dipenutupan diberi pemahaman kegiatan kampus berbeda dengan kehidupan di sekolah.

Sementara itu Rektor ITN Malang Dr. Ir. Muktamar MT menambahkan, selain pengenalan kehidupan kampus, pihaknya juga telah menyiapkan mata kuliah dan program studi daring atau online, sehingga bisa diakses oleh mahasiswa jurusan lain yang membutuhkan.

“Saya kan baru menjabat baru 6 bulan sudah kami siapkan pembuatan mata kuliah daring dan program study daring, baik mulai dosen infrastruktur dan penjajakan MoU dengan Dikti. Nanti mata kuliah tiap prodi wajib ada satu mata kuliah berbasis daring atau online, terutama pada Teknik Elektro S1 yang sudah terakreditasi A, dosen sudah siap, tinggal penyiapan infrastruktur agar dapat diakses mahasiswa lain, semoga tahun depan sudah dapat dijalankan karena semester ini sudah disiapkan di 15 prodi yang ada di ITN Malang,” tukas rektor yang ramah itu. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top