Dandim 0833 Menghadiri Penutupan Festival Panji Nusantara 2019

Jurnalismalang – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT bersama Forkopimda Kota Malang menghadiri acara Penutupan Festival Panji Nusantara 2019 di Taman Krida Budaya Jln. Soekarno Hatta No. 7 Malang, Jum’at (12/07/2019).

Kepala Bakorwil Malang Beni Sampirwanto menyampaikan, Panji dalam kisah-kisahnya selalu menjunjung nilai-nilai peradaban dan kemanusiaan karya atau Masterpiece kreatif, sebab dibuat oleh para pujangga Jawa kuno dengan tema dan lokasi cerita di tanah Jawa, dengan tidak mendapat pengaruh asing namun justru mempengaruhi kebudayaan masyarakat Asia Tenggara secara luas.

“Festival Panji memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan penting dari sejarah kehidupan manusia, menjelaskan peradaban masa masyarakat Jawa kuno antara abad ke 1415 dan merupakan dokumentasi sejarah kebudayaan di Asia Tenggara. Festival yang digelar dengan tema transformasi budaya Panji, berkembang dalam berbagai bentuk seni dan bahkan menjadi suatu bentuk budaya kaum milenial, yang merupakan potensi kuat untuk mengangkat popularitas,” ungkap Kepala Bakorwil dalam membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur.

Dandim 0833 juga menyampaikan, bahwa cerita tentang Panji memiliki beragam nilai pendidikan, yang dapat direalisasikan untuk kehidupan dalan berbangsa dan bernegara.

“Karena ada banyak pelajaran yang dapat digali di dalamnya untuk dipelajari dan di teladani dalam kehidupan masa kini (Generasi Milenial). Kami berharap acara festival semacam ini dapat diterima dan semakin dicintai dalam upaya melestarikan budaya bangsa,” tambah Dandim 0833.

Hadir dalam acara Penutupan Festival Panji Nusantara 2019 antara lain Walikota Malang Drs H. Sutiaji, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT, Sekda Kota Malang Drs. Wasto, Kasubid Seni Pertunjukan Derektorat Kesenian Derektorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Edi Irawan Sn. MM, Gubernur Jatim di wakili Kepala Bakorwil Malang Drs Beni Sampirwanto, Msi, Kapolsek Lowokwaru Kompol Pujiono, SH, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si, Ketua TP PKK Kota Malang Hj Widayati Sutiaji dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur Sinarto S.kum MM. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top