KPU Lantik Relawan demokrasi, Lima Pesertanya dari Kaum Difabel

JurnalisMalang – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang dalam menaikkan angka partisipasi pemilih di pemilu tanggal 17 April 2019 membentuk relawan demokrasi dimana pesertanya juga dari kaum difabel.

Santoko, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang, mengatakan luasnya wilayah Kabupaten Malang yang terdiri 33 kecamatan terdiri  390 desa dengan jumlah 4000 TPS dan pemilih 1.099.000 dengan jumlah personil  77,016 lembaga adhoc dimana pelaksanaan pemilu tanggal  17 April 2019.

Relawan Demokrasi bertugas  menjalin kerjasama untuk menaikan tingkat partisipasi pemilih naik menjadi sembilan digit dari kehadiran pemilih di Pilgub Jawa timur 77,8 .

Sosialisasi tentang aturan KPU harus bisa tersampaikan kepada semua element masyarakat yang ada di Kabupaten Malang sehingga angka golput lebih bisa ditekan .

“Gak mungkin semua aturan diurus oleh KPU dengan segala keterbatasan,” ujarnya.

Santoko juga menambahkan, dalam pelantikan relawan demokrasi ini ada 55 relawan yang berasal dari semua stakeholder yang ada di kabupaten Malang.

KPU kabupaten Malang juga sebagai wujud mengapresiasi hak hak politik kaum difabel dengan merekrut lima relawan demokrasi yang berasal dari kaum difabel dengan harapan agar bisa diterima di kelompoknya.

Wahyudi, Bawaslu Kabupaten Malang meminta kepada relawan demokrasi berkordinasi dengan panwascam di tingkat kecamatan masing untuk berkordinasi satu dengan yang lainya agar proses demokrasi berjalan baik.

“Utamakan komunikasi dengan panwas, diskusi kelompok sangat dibutuhkan, terpenting komunikasi sing asik asik lah,” ungkapnya santai.

Ketua Bawaslu meminta kepada relawan demokrasi untuk menjaga netralitas, nuansanya tampak netral dan terlihat netral, intinya netral harus imparsial tidak berpihak.

Dalam acara pelantikan relawan demokrasi dihadiri Komisioner Divisi Teknis KPU Mochamad Kholik, Wahyudi Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Taufik Komisioner Divisi Partisipasi dan Pendidikan Pemilih, Komisioner Data dan Informasi Sofi Rahma Dewi, Anis Suhartini Komisioner Hukum, Arif Subagyo Sekretaris KPU Kabupaten Malang. (Yon/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top