KOSTI Kabupaten Malang Gelar Nghonthel Untuk Tanamkan Jiwa Patriotik dan Perilaku Hidup Sehat

Jurnalismalang- Moch Geng Wahyudi, Ketua Dewan Pembina Kosti (Komunitas Onthel Sepeda Tua Indonesia) Kabupaten Malang, menggelar acara ngonthel dengan tujuan  untuk membuat hidup sehat dengan bersepeda  dan menanamkan jiwa patriotisme.

Menurutnya Nghothel ini adalah Kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bareng – bareng dari Komunitas Onthel sepeda Tua Se – Jawa Timur  dengan membangun tali  silaturahmi antar sesama pengonthel .

” Dalam acara ini peserta kita batasi ,karena menyadari jauhnya lokasi ke Malang kepada rekan rekan yang ada di wilayah lain,” ujarnya,Minggu,(2/12/2018).

Disamping tujuan lain acara Nghonthel ini adalah mengolah rasakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga secara murah dan meriah dan sederhana melalui bersepeda .

Rute sepeda Nghothel ini dimulai start dari Lapangan Desa Pakisaji melalui kecamatan Kepanjen desa Sukoharjo kembali ke arah Utara kembali ke  kecamatan Pakisaji Timur pertigaan belok kiri melalui Desa Karang Duren finish di Lapangan Desa Pakisaji dengan jarak tempuh sejauh 15 kilometer peserta sekitar seribuan se- Malang Raya .

Acara bersepeda kali ini sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi dalam menanamkan rasa patriotisme dengan bernafaskan empat pilar kebangsaan mulai Pancasila, UUD 1945, Kebhinekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Harapannya, olah raga onthel yang sederhana ini bisa menyehatkan jiwa dan raga tanpa  harus mengeluarkan  biaya yang besar cukup dengan bersepeda sudah bisa hidup sehat.

” Dengan bersepeda pesan peduli lingkungan juga tersampaikan dengan mengurangi pemanasan global dan mengurangi gas emisi ,” pungkasnya.

Kegiatan bersepeda Nghothel ini rencananya juga akan digelar secara bergiliran di setiap kecamatan atau korwil -korwil se – Malang Raya. (Yon/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top