Seminar Refleksi Akhir Tahun Ekonomi Indonesia diikuti Tokoh Malang Raya dan Nasional

Jurnalismalang  –  Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Korwil Jawa Timur mengadakan seminar Nasional bertema  Meneropong Arah Ekonomi Indonesia 2019 ,Kamis, 29 November 2019 ,  Universitas Widyagama Malang.

Dalam acara seminar tersebut dihadiri beberapa tokoh dan pejabat Nasional dan Malang raya antara lain Chusni Mubarok (Ketua DPP Partai Gerindra atau Caleg DPR RI Dapil Malang Raya , Ferry Mursyidan Baldan (Menteri ATR 2014-2016 ,Sofyan Edi Jarwoko (Wakil Walikota Malang) ,AKBP. Yade Ujung Setiawan (Kaporles Malang) dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dari 14 Kampus se Jawa Timur

Chusni Mubarok salah satu tokoh asal Malang mengatakan, Peran Generasi Milenial dalam menjawab tantangan Bonus demografi dan revolusi industri 4.0″

Menurutnya, Generasi milenial sebagai komponen terbesar bangsa (40% dari total populasi penduduk) harus bersiap menjawab tantangan hadirnya Revolusi Industri 4.0.

Generasi milenial harus menyiapkan diri dengan seluruh keahlian dan kemampuan untuk bisa survive dengan hadirnya perubahan zaman yang serba otomatis dan instan.

Negara dalam hal ini pemerintah harus hadir dan menyiapkan tata kelola Sumber Daya Manusia, untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, sehingga revolusi industri 4.0 membawa manfaat, bukan ancaman bagi bangsa ini kedepan.

Solusi terhadap kondisi ekonomi bangsa indonesia saat ini dan tantangannya  kedepan adalah kembali ke Pasal 33 UUD 1945.

Kapolres Malang Ajun komisaris besar polisi Yade Setyawan Ujung menjelaskan ,tema seminar yang disampaikan ” Peran Polri Dalam Menjaga stabilitas Keamanan untuk Mendukung Perekonomian “.

Ada enam point peran polri dalam pembangunan Nasional dalam menjalankan pemerintahan memelihara stabilitas keamanan Nasional kepada Masyarakat.

Bentuknya seperti pengamanan pelaksanaan  Anggaran Pendapatan Belanja Negara , stabilitas Harga barang dan jasa, pengalaman kebijakan pemerintah, menjamin terciptanya keamanan yang kondusif, mensukseskan dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan proyek Nasional, Antisipasi kompleksitas transaksi keuangan.

Perkembangan jaman saat ini teknologi saat ini bisa berdampak positif juga berdampak negatif. Dampak positif perkembangan teknologi saat bisa menciptakan lapangan kerja seperti menjamurnya jasa daring seperti ojek online, gojek, grab dimana pengguna jasa cukup memencet order sudah sampai ke rumah.

Sedangkan nilai negatifnya adalah pasar pasar tradisional menjadi jobless sepi order akumulasi negatif teknologi. (Yon/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top