Angkutan Online Menjamur, Jatim Park Sediakan Angkutan Umum Gratis

Jurnalismalang – Angka kemacetan di Kota Batu setiap hari semakin meningkat terutama pada weekend hari Jumat, Sabtu dan Minggu, jalur kearah Kota Batu atau sebaliknya selalu mengalami kemacetan yang didominasi oleh kendaraan pribadi dari dalam maupun luar kota.

Suryo Widodo, Direktur Jatim Park 3 mengatakan, sudah tidak dipungkiri lagi jika angkutan online sudah sangat banyak di Kota Batu untuk mengantar wisatawan ke beberapa tempat wisata di Jatim Park Group, tapi nasib sopir dan angkutan umum yang mayoritas warga asli Kota Wisata Batu, justru kesulitan bersaing dalam mengais rejeki.

“Jatim Park menggandeng angkutan umum untuk mengantar wisatawan secara gratis ke seluruh tempat wisata Jatim Park Group dan angkutan yang kami sediakan tentu kendaraan yang telah dibranding oleh Jatim Park Group, dilengkapi TV, Ac dan audio panggil untuk menarik perhatian wisatawan, yang diprediksi akan meningkat setelah jalur tol Malang Pandaan sudah menyambung sampai Karanglo,” ungkap Suryo Widodo didepan pejabat yang hadir dalam Launching Angkutan Umum Gratis oleh Jatim Park Group, Jumat (16/11/2018).

Sementara itu Dewanti Rumpoko, Walikota Batu mengaku sangat mengapresiasi langkah dari Jatim Park Group untuk turut mensejahterahkan warga Kota Batu dengan menggandeng sopir angkutan umum dan kendaraannya. Tentu ini suatu kado yang bagus dalam rangkaian HUT Kota Wisata Batu ke 17 tahun, serta ulang tahun dari Kapolres Kota Batu, yang juga secara tidak langsung berupaya mengurangi kemacetan.

“Saya sendiri sebenarnya sangat malu, Jatim Park Group sampai mempunyai terobosan menggandeng beberapa angkutan umum untuk mengantar wisatawan secara gratis ke lokasi Jatim Park Group, seharusnya ini yang menyediakan pemerintah, tapi saya akan langsung memerintahkan Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata untuk berkoordinasi dengan Organda, untuk menyediakan angkutan umum gratis, tapi sasarannya adalah anak sekolah dan warga Kota Batu. Nantilah, kalau sekarang ada 16 angkutan umum yang diajak bekerjasama dengan Jatim Park Group, kedepan saya usahakan akan lebih banyak angkutan umum yang bekerjasama dengan Pemkot Batu, sambil dilihat APBD Kota Batu,” tambah orang nomor satu di Kota Batu itu.

Menanggapi hal itu AKBP Budi Hermanto, S.I.K MS,I Kapolres Kota Batu mengaku cukup senang ada upaya mengurangi kemacetan yang sejak tahun 2017 hingga tahun 2018, terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Kalau bisa upaya ini bisa ditiru oleh pemilik wisata lain di Kota Batu, selain meningkatkan taraf hidup driver angkutan umum, juga bisa menurunkan angka kemacetan, serta saya harap tidak hanya 16 angkutan umum saja yang diajak bekerjasama, tapi semakin banyak angkutan umum yang digandeng kedepannya,” pungkas Kapolres Kota Batu yang memiliki wajah tampan itu. (DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top