Polda Jatim Beri Arahan Pejabat Pencegahan Pungutan Liar

Jurnalismalang – Sosialisasi merupakan tindakan preventif untuk menanggulangi praktik pungutan liar, jajaran Polda Jatim mengumpulkan 500 camat, lurah, kepala desa, kepala sekolah, Satpol PP dan Unit Pencegahan Pungli (UPP) di Hotel Savana Kota Malang, pagi ini Kamis (8/11).

Tidak hanya pejabat dari Kota Malang dikumpulkan dari wilayah Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang Raya. Mereka mendapatkan sosialisasi pencegahan pungutan liar yang rawan terjadi.

Irwasda Polda Jatim, Kombespol Soetardjo, mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar pejabat publik semakin mengetahui mekanisme di masing-masing bidang seperti perizinan agar tak terjadi pungli.

“Ini harus banyak disosialisaikan agar tidak ada lagi pungutan liar,” kata pria yang juga menjabat ketua UPP Jatim.

Sosialisasi ini menjadi penting karena selama Saber Pungli dibentuk sudah ada 30 perkara yang ditindak. “Jadi dana yang diturunkan pemerintah harus benar-benar dimanfaatkan masyarakat desa, sehingga tidak ada pemotongan,” jelasnya.

Soetardjo juga mengimbau agar masyarakat aktif melaporkan praktik pungli yang ada di lingkungannya. Ia berjanji akan menindak tegas pelaku tersebut. “Silakan dilaporkan nanti, kami akan tindak,” tegasnya. (Doi/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top