Ratusan siswa SD kabupaten Malang Mendapat Bantuan Kaca Mata dari Lions Club’ Cabang Malang

Jurnalismalang – Sebanyak 500 siswa Sekolah Dasar (SD) dan di Kabupaten Malang  mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis. Kegiatan itu merupakan hasil kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Malang  dengan Lions Club Malang Brawijaya. Bahkan dalam acara itu juga dilakukan pemberian pengetahuan pemeriksaan mata bagi guru.

Ratna Kumala mengatakan, bahwa program resmi lions club’ Indonesia ini adalah aksi sosial kepedulian terhadap dunia pendidikan kami perwakilan lions club’ Brawijaya tahun ini memberikan kaca mata gratis di  kabupaten Malang sebanyak 500 siswa sekolah dasar.

Sebelumnya Lions Club’ Malang juga sudah memberikan bantuan kaca mata bagi siswa sekolah dasar di Kota Batu .

Kabupaten Malang sendiri mendapat bantuan kaca mata melalui dua gelombang dimana pada gelombang pertama tanggal 27 September 2018 siswa yang diperiksa mata ada 300 an yang mendapatkan kaca langsung 223 sisanya diberikan pada saat digelombang kedua saat ini Selasa (30/10/2018) .

“Hari ini kita periksa 300 siswa digelombang pertama, tetapi ada 48 siswa yang belum mendapatkan bantuan kacamata, dimana sisanya nanti akan diberikan pada pemeriksaan di gelombang kedua,” ujarnya.

Persyaratan mendapatkan kaca mata Lions Club’ tidak menenentukan syarat, tetapi Lions bekerjasama dengan PGRI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang memproses siswa yang membutuhkan.

“Agar anak – anak sekolah cerah bisa  melihat papan tulis dengan baik, generasi bangsa lebih cerah demi bangsa ini,” ujarnya.

Dwi Soetjipto ketua persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI ) Kabupaten Malang mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk membantu kebutuhan anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan mata. Bahkan juga memberikan pengetahuan tentang pencegahan gangguan mata sejak dini, sebab saat ini perkembangan teknologi elektronik memiliki dampak positif dan negatif bagi generasi muda.

“Salah satu dampak negatifnya adalah terhadap kesehatan mata anak-anak, terutama mereka yang gemar bermain komputer dan teknologi lainnya tanpa mengenal waktu. akibatnya, banyak yang terganggu kesehatan matanya.” tegas Dwi Soetjipto.

Ketua PGRI Kabupaten Malang menambahkan,  kesehatan mata perlu tetap dijaga dengan baik karena menjadi jendela ilmu dan pengetahuan bagi generasi bangsa, khususnya kesehatan mata di masa-masa usia pendidikan sangat menentukan nasib bangsa.

“Oleh karena itu, saya berterima kasih atas kepedulian Lions Club Brawijaya Malang  yang menggelar pemeriksaan mata gratis ini, disertai dengan pemberian kacamata gratis bahkan program itu menginspirasi organisasi lainnya, untuk mengambil peran serta dalam membangun di semua bidang.” imbuhnya. (Yon/DnD)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top