Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Kota Malang Masa Bhakti 2018 – 2022

Jurnalismalang – Menyadari pentingnya keberadaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang memiliki peran strategis dalam pembinaan olahraga; Rabu (3/10) di Hotel Aria Gajayana telah dilaksanakan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Kota Malang Masa Bhakti 2018 – 2022.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH, Wakil Ketua KONI Provinsi Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sambutannya, Sutiaji menyampaikan bahwa dalam Undang-Undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, pasal 39 komite olahraga provinsi dan komite olahraga kabupaten/kota mempunyai tugas: membantu pemerintah daerah dalam membuat kebijakan daerah di bidang pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga prestasi; mengoordinasikan induk organisasi cabang olahraga dan organisasi olahraga fungsional; melaksanakan pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga prestasi; serta menyiapkan, melaksanakan, dan mengoordinasikan keikutsertaan cabang olahraga prestasi dalam kegiatan olahraga yang bersifat lintas daerah dan nasional.

“Menyadari peran penting KONI dalam kemajuan olahraga di sebuah negara, maka perlu sebuah upaya yang bisa membawa sebuah negara maupun daerah kepada kesuksesan dalam bidang olahraga” ujar Sutiaji.

Berbicara tentang kesuksesan disini, lanjut Sutiaji, adalah sesuatu yang bisa dianggap sebagai prestasi yang pada akhirnya membuat sebuah negara atau daerah diakui oleh dunia ataupun daerah lain. Ada banyak cara untuk menilai prestasi, antara lain dengan melihat perolehan medali, menjadi tuan rumah acara olahraga besar, serta angka partisipasi yang aktif dan konsisten di gelaran olahraga.

Terkait hal tersebut, Sutiaji berharap kepada pengurus KONI Kota Malang untuk senantiasa berupaya mempersiapkan diri, terutama pertajam pembinaan atlet dengan sebaik-sebaiknya, sehingga dapat meraih prestasi terbaik pada pelaksanaan event-event olahraga mendatang; serta tetap terus bersinergi, berkoordinasi dengan stakeholder terkait termasuk dengan induk organisasi cabang olahraga dalam membina dan mengembangkan olahraga, sehingga berbagai prestasi terbaik mampu diraih, demi kejayaan olahraga dan mengharumkan nama Kota Malang.

Kepada Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono yang baru saja dikukuhkan; Sutiaji juga berpesan agar KONI Kota Malang mampu memberikan perhatian lebih kepada Persema. “Kita tidak dapat menyaingi Arema, namun saya berharap kepengurusan KONI kali ini mampu memberikan warna baru dengan berbagai program kerja terbaiknya agar Persema mampu kembali menorehkan prestasi bagi Kota Malang” tegasnya. (Ts)

Share

PinIt
submit to reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top