Desa Jabung Diresmikan Mensos Sebagai Desa Mandiri Sejahtera berbasis Seni dan Ekonomi Kreatif

Malang – Kabupaten Malang cukup bangga, karena salah satu desanya yaitu Desa Jabung bersama empat desa lainnya di Kabupaten Malang masuk dalam program Desa Mandiri dan Sejahtera, dimana empat desa lainnya yaitu desa Argosari, Kemiri, Jabung, Slamparejo, dan Sidorejo, yang selanjutnya akan diserahkan kepada Kemendesa Tertinggal.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial Republik Indonesia, sebelumnya Desa Jabung mendapat pencanangan Desa Mandiri Sejahtera melalui Pelaksanaan Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). 

Untuk diketahui program RUTILAHU dan KUBE ini adalah kerjasama antara Kementerian Sosial RI (Kemensos RI) dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Malang (Unisma).

“Tahun lalu, kami hadir disini dan bermitra bersama Unisma dengan KKN berjenjang, sehingga hari ini dianggap sudah cukup kami ingin menyerahkan ke Kementrian Desa untuk dikembangkan dan dikuatkan,” ungkap Mensos RI Khofifah Indar Parawansa.

Dalam peresmian Desa Jabung menjadi Desa Mandiri Sejahtera ini, Mensos juga memberikan bantuan. Bantuan tersebut ialah bantuan sanggar seni topeng, bantuan 100 perlengkapan sekolah dan 100 paket sembako untuk lansia. 

Sementara, Bupati Kabupaten Malang Rendra Kresna mengatakan program baru Kemensos RI sangat membantu pembangunan sosial Kabupaten Malang, karena memiliki dampak yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan desa seperti kematian ibu dan bayi, serta masyarakat usia produktif yang meninggal cukup banyak.

“Program ini juga memperbaiki perekonomian warga, sehingga saya ucapkan terima kasih kepada Unisma, Kemensos dan Kemendesa Tertinggal atas segala bantuan kepada warga Kabupaten Malang,” pungkas Bupati Malang itu. (DnD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top